Cara Mengatasi Sensor Sidi Jari Error / Tidak Berfungsi Di Android

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Sensor Sidi Jari Error
Cara Mengatasi Sensor Sidi Jari Error

Cara Mengatasi Sensor Sidi Jari Error / Tidak Berfungsi | Hampir semua smartphone pengeluaran terbaru saat ini memiliki sensor keamanan yang berupa sidik jari, entah itu smartphone dengan kualitas rendah atau tinggi semuanya di lengkapi dengan sensor finggerprint, Bahkan tidak hanya sampai disitu saja ponsel premium menerapkan sensor sidik jari didalam layar yang biasa di sebut sensor finggerprint indisplay. Nah di postingan ini kami akan membagikan tips kepada kalian seputar finggerprint yakni cara mengatasi sensor sidik jari error atau tidak berfungsi dengan baik.

Selain sesnor finggerprint saat ini juga ada sensor faceunlock dengan menggunakan wajah, jadi pengguna hanya menghadapkan smartphone ke wajah maka smartphone akan terbuka secara otomatis.

Walaupun keberadaan sensor finggerprint merupakan gembrakan teknologi baru didalam industri smartphone bukan tidak mungkin teknologi canggih tersebut mengelami error atau kerusakan, Nah jik kalian sedang mengalai masalah sensor finggerprint kurang responsive atau bahkan tidak berfungsi silahkan coba tips dibawah ini untuk mengatasinya.

Namun sebelum kita lanjut ke tahap mengatasi sensor finggerprint error, kami akan membagikan informasi penyebab sensor finggerprint error, berikut di antaranya.

  • Sensor finggerprint terkena gesekan benda keras atau tajam ketika didalam saku ataupun ketika jatuh.
  • Terdapat bug terhadap software yang menjaankan sistem finggerprint tersebut.
  • Jari terluka atau berminyak atau bahkan kotor, sehingga sidik jari tidak bisa dibaca oleh software.
  • Sensor finggerprint rusak permanent.

Setelah anda tahu beberapa penyebab kerusakan sensor finggerprint, selanjutnya silahkan lakukan 6 hal berikut ini untuk mengatasinya.

BacaKode Rahasia HP Samsung Galaxy Yang Jarang Diketahui Pengguna

Cara Mengatasi Sensor Sidi Jari Error / Tidak Berfungsi Di AndroidCara Mengatasi Sensor Sidi Jari Error

1. Bersihkan Sensor

Hal pertama yang harus kamu coba lakukan adalah membersihkan sensor finggerprint dengan menggunakan tisu atau kain halus. Kenapa harus di bersihkan? Hal ini bertujuan supaya sensor bersih dari berbagai kotoran yang menghambat sensor untuk membaca sidik jari kalian. karena sensor yang kotor atau terkena minya tidak akan mampu membaca sidik jari dengan baik. kamu juga bisa membersihkan dengan menggunakan tisu basah atau kain basah agar sensor lebih bersih dan bisa membaca sidik jari kamu.

2. Reboot Smartphone

Jika kalian sudah membersihkan sensor finggerprint namun belum ada perubahan, coba kalian reboot atau matikan lalu hidupkan lagi perangkat android kamu agar sistem atau fitur yang error bisa tereboot dan bisa digunakan kembali.

3. Hapus semua data sidik jari kamu dari smartphone

Point ketiga adalah menghapus semua data sidik jari yang pernah kamu gunakan dari smartphone dan kemudian mendaftarkannya kembali. dan juga jangan menggunakan lebih dari 1 sidik jari karena dapat membuat berat sensor finggerprint dalam membaca sidik jari. Gunakanlah satu saja sensor sidik jari yang memang biasa kalian gunakan bisa jari telunjuk atau jari tengah.

4. Bersihkan Jari Anda Terlebih Dahulu

Setelah ketiga point diatas sudah kamu lakukan namun hasilnya masih zonk, kalian coba bersihkan jari kalian yang digunakan untuk membuka sensor finggerprint. Karena jika jari tangan kalian kotor atau berminyak sensor finggerprint tidak akan bisa mendeteksi identitas jari kamu.

5. Reset Ulang Pernagkat

Cara lainya yang bisa kamu lakukan adalah merestart smartphone kamu dan mengembalikannya kepengaturan pabrik untuk menghapus semua datau atau pengaturan yang dulu pernah kamu buat dengan menggunakan smartphone tersebut. Semoga saja dengan menghapus semua data yang ada smartphone bisa kembali normal.

6. Flashing Ulang (Upgrade/Downgrade ROM)

Jika kalian memiliki keahlian dalam melakukan Flahsing smartphone, kamu bisa mencoba untuk flah ponsel kamu yang mengalami error pada finggerprint tersebut, namun jika kamu tidak memiliki keahlian tersebut lebih baik bawa saja smartphone kekonter service terdekat. karena apabila kamu salah dalam melakukan flashing dapat merusakan ponsel.

Baca: Cara Memperbaiki Touchscreen HP Xiaomi Yang Kurang Sensitif

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara mengatasi sensor sidik jari error, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *