Cara Memperbaiki Touchscreen HP Xiaomi Yang Kurang Sensitif

  • Whatsapp
Memperbaiki Touchscreen Xiaomi
Memperbaiki Touchscreen Xiaomi

Lapaklama.com | Hallo sobat tekno, di postingan kali ini kami akan membagikan sebuah tips kepada anda Cara Memperbaiki Touchscreen HP Xiaomi yang kurang sensitif. Seperti yang sudah kita ketahui bersama Touchreen merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah smartphone. namun seperti yang sering kita jumpai bahkan kita alami, biasanya touchreen smartphone kita kurang begitu sensitif untuk digunakan, sehingga akan sangat tidak nyaman saat digunakan bermain game atau mengetik. Nah salah satu smartphone yang sering mengalami masalah ini adalah Xiaomi.

Yups xiaomi saat ini sudah berhasil menjadi sebuah brand smartphone raksasa yang produknya sudah digunakan oleh ribuan orang diseluruh dunia. Namun perlu saya garis bawahi disini, masalah touchreen yang kurang sensitif tidak hanya dialami oleh produk xiaomi saja, melainkan juga di alami oleh produk smartphone lainya seperti Oppo, Vivo atau bahkan samsung.

Baca: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A3 Hanya 3 Jutaan Saja

Kenapa Touchscreen HP Xiaomi Kurang Sensitif ?

Memperbaiki Touchscreen HP XiaomiSetiap pengguna smartphone biasanya setelah membeli produk langsung memasang Screen Guard / Screen Protector / Tempered Glass Supaya layar smartphone tetap mulus dan aman dari goresan, gesekan atau bahkan benturan. Namun jika anda menggunakan Screen Guard / Screen Protector hal tersebut akan membuat sensor layar kurang sensitif karena sensor proximiti yang biasanya terdapat dibagian atas layar (dekat speaker) ponsel Xiaomi tertutup oleh Screen Guard tersebut sehingga layar menjadi kurang responsif.

Nah dibawah ini adalah beberapa alasan atau penyebab layar Touchreen kurang sensitif. Silahkan simak baik baik.

1. Arus Listrik : jika anda menggunakan smartphone saat dalam keadaan di charger dan mengalami touchreen kurang sensitif itu sangat wajar di tambah lagi jika kmu mengisinya tidak menggunakan charger bawaan HP.

2. Layar terbentur : Jika HP anda baru saja jatuh dan membuat touchreen kurang sensitif itu sangat wajar karena TC yang tersebntur seperti itu akan rusak walaupun dalam kasap mata layar baik baik saja.

3. Menjalankan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan : Point ke tiga ini merupakan yang paling banyak dialami oleh pengguna smartphone, kususnya Xiaomi, Mereka terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan sehingga membuat kinerja ponsel lebih berat dan ponsel menjadi panas, dan membuat respon touchreen menjadi berat atau tidak responsive.

4. RAM HP Kecil : masih berhubungan dengan point ke 3, Jika ponsel kamu memiliki ram yang kecil maka smartphone akan menjadi berat untuk digunakan dan membuat touchreen tidak responsive.

5. Bug pada ROM. Penyebab lain touchscreen kurang responsif adalah karena ROM. Entah karena proses tweaking atau memang ROM yang digunakan terdapat bug.

Nah itulah beberapa penyebab atau alasan kenapa Touchreen HP Xiaomi kamu kurang responsive, Namun perlu kamu ketahui disini adalah, Jika kerusakan TC terjadi karena masalah hardware itu hanya bisa di perbaiki dengan cara menggantinya ke konter service atau di galeri xiaomi. Namun jika kerusakan touchreen tersebut di karenakan masalah software maka kamu bisa memperbaikinya dengan cara sebagai berikut ini.

Baca: Harga Xiaomi Mi 9T Rp 4 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya

Cara Memperbaiki Touchscreen HP Xiaomi Yang Kurang Sensitif

1. Rebot Smartphone Xiaomi Anda

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mereboot perangkat xiaomi anda. tujuanya adalah agar semua aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa berhenti secara menyeluruh dan membuat touchreen HP xiaomi kamu menjadi normal kembali.

2. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Biasanya orang orang hanya akan menekan tombol home setelah mereka menganggap tidak mengunakan aplikasi itu kembali, Padahal walaupun kamu sudah tidak membuka aplikasi tersebut, Aplikasi yang belum kalian paksa berhenti akan terus bejalan dan memakan RAM smartphone kamu. Pastikan kalian sudah menutup aplikasi secara sempurna agar beban smartphone tidak begitu berat.

3. Atur Ulang Skala Animasi Layar

Sebenarnya Skala animasi layar tidak di pengaruhi oleh sensitifitas touchreen, hanya saja dengan membuat skala animasi layar menjadi cepat, membuat smartphone terasa lebih responsive dan nyaman untuk di operasikan. Berikut ini adalah cara mengatur Skala animasi layar.

  • Masuk ke menu  Settings
  • pilih Developer Option
  • Cari Windows Animation Scale
  • Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale, lalu ganti angkanya menjadi .5x.

4. Kalibrasi layar Xiaomi (Sensor Proximity)

Nah cara yang paling ampuh untuk meningkatkan sensitivitas touchscreen ponsel Xiaomi adalah dengan melakukan kalibrasi layar di hp xiaomi kamu. Hal ini juga berguna untuk mengecek apakah hardware berfungsi  baik atau tidak. berikut ini adalah caranya.

  • Silahkan ketikan *#*#6484#*#* di dialpad.
  • Maka akan muncul halaman seperti berikut.Memperbaiki Touchscreen HP Xiaomi
  • Pilih Proximity Test.
  • Setelah itu, tutup area Proximity Sensor (di bagian atas layar) dengan jari, kemudian tekan tombol Calibrate.
  • Selanjutnya jauhkan jari secara berlahan-lahan dari Proximity Sensor sampai angka di bagian atas menampilkan angka 5.xxxx (x bervariasi). Biasanya setelah menunjukan angka 5.x tersebut maka akan ditampilkan pesan Calibration passed.
  • Ketuk pada tombol Pass kemudian ketuk tombol Home untuk kembali ke homescreen.

5. Factory Reset / Hard Reset

Nah jika ke empat cara di atas masih belum bisa mengembalikan sensitifitas layar smartphone xiaomi kamu. Hal terahir yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara meresetnya kembali kepengaturan pabrik. dengan cara ini semua pengaturan yang sudah kamu setting secara sengaja atau tidak sengaja akan kembali seperti semula. Untuk cara factory resetnya setiap HP berbeda-beda. anda bisa melihat artikel daftar cara factory reset lengkap di halaman berikut ini: Artikel Cara Factory Reset All Type

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga artikel Cara Memperbaiki Touchscreen HP Xiaomi Yang Kurang Sensitif ini bisa bermanfaat dan menyelesaikan masalah smartphone kamu, selamat mencoba.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *